Sabtu, 13 Oktober 2012

MAKNA SEBUAH TRADISI JARANA



Ternyata dalam jaranan banyak makna- makna yang belum kita ketahui?!!
Jaranan merupakan suatu kesenian murah dan digemari sebagian kalangan masyarakat. Bahkan sudah membudaya di daerah- daerah tertentu. Tokoh- tokoh dalam jaranan yaitu prajurit berkuda, barong, dan celeng. Simbol kuda menggambarkan sifat keperkasaan, penuh semangat, pantang menyerah, berani dan siap dalm keadaan apapun. Kalau barong, dengan raut muka menyeramkan matanya membelalak bengis dan buas, hidungnya besar, gigi bertaring, dan gerakan tari yang menggambarkan sosok yang berkuas serta memiliki sifat semaunya sendiri. Lalu simbol celeng dengan gaya lari kesana kemari dan memakan rakus apa yang ada di hadapannya tanpa peduli milik atau hak siapa yang penting dia puas. Sifat dari tokoh jaranan merupakan gambaran berbagai macam sifat yang ada dalam diri manusia dan di dunia ini ada sisi baik dan buruk.
          Jaranan menggambarkan, dalam perjuangannya meniti kehidupan, penai diganggu oleh perwujudan setan yang diumpamakan dengan penari topeng (thethek melek) yang berwajah menyeramkan denan gerakan tariannya sengaja mengecoh penari agar berbuat kesalahan.
          Akhirnya, penari yang hanyut oleh thethek melek akan kesurupan. Sebenarnya tidak harus kesurupan sungguhan tetapi cukup ekspresi saja. Sebuah simbol angkara murka deperankan dengan tari barong dan celeng  dengan maksud menggambarkan hari pembalasan. Banyak orang salah paham dalam memaknai seni jaranan ,mereka beranggapan bahwa pelaku jaranan pemuja roh hewan seperti roh kuda. Anggapan itu salah, simbol kuda hanya diambil semangat untuk memotifasi hidup saja.
          Ada juga yang beranggapan kesenian jaranan adalah musyrik karena  identik dengan kesurupan, kemenyan, dupa, dan bunga. Anggapan itu juga salah, karena pelaku seni jaranan beerusaha mengingatkan manusia bahwa di dunia ini ada dua macam alam kehidupan, ada alam nyata dan alam ghaib. Selain itu kita harus peduli dan melestarikan kesenian jaranan agar tidak punah.

1 komentar: