Selasa, 09 Oktober 2012

SMS dan Jejaring Sosial Sebabkan Anak Malas Baca Buku



        Sebuah penelitian yang dilakukan National Literacy Trust di Inggris mengungkapkan, terdapat penurunan tajam kegiatan membaca buku pada anak berumur 8 hingga 17 tahun, bila di bandingkan saat mereka berada di sekolah dasar.
          Survei di Inggris ini juga menyatakan, mereka lebih memilih telepon seluler dan komputer dibandingkan buku. Mereka tidak selesai membaca buku satupun, sejak satu bulan belakangan.
          Ternyata, anak- anak lebih memilih membaca melalui perangkat teknologi, seperti sms, email, dan pesan dalam jejaring sosial seperti Facebook. Namun buku digital menjadi pilihan paling tidak popular untuk anak- anak.
          Dalam riset ini, terungkap anak- anak mulai meninggalkan kebiasaan membaca, saat lulus dari bangku Sekolah Dasar (SD). Direktur National Literacy Trust, Jonathan Douglas, mengingatkan, mereka yang kurang membaca di usia kanak- kanak cenderung mengalami masalah membaca buku ketika dewasa. Ia menyarankan, agar anak- anak segera di bantu dengan memberikan bahan bacaan, sehingga mereka mulai membaca dan mencitai buku.

0 komentar:

Posting Komentar