Selasa, 09 Oktober 2012

Tips dan Cara Mengatasi HidungTersumbat Dengan Cepat dan Mudah



Jika hidung tersumbat/ hidung mampet menyerang memang sungguh menyiksa. Bernafas jadi terganggu serta memberikan rasa yang tidak nyaman. Ada beberapa hal yang menyebabkan hidung tersumbat, seperti:
1.  Alergi
2.   Flu atau influenza/ batuk pilek
3.  Adanya penyakit polip
4.   Dll
Mekanisme Hidung Tersumbat:
Hidung tersumbat terjadi salah satunya akibat adanya pembengkakan pada konka atau bagian dari saluran udara hidung yang letaknyadi bagian dalam batang hidung mengalami pembengkakan sehingga menyumbat aliran udara yang masuk melalui rongga yang kecil tersebut.
Tips dan Cara Mengatasi Hidung tersumbat / hidung Mampet:
1.  Mengatasi hidung tersumbat dengan uap air panas:
Caranya, didihkan air dan hirup uapnya selama beberapa menit.
2.   Mandi dengan pancuran air panas yang beruap atau beendam dengan air panas juga dapat melegakan pernafasan
3.   Menghirup uap air yang hangat serta menutup kepala dengan handuk supaya uap air bisa terhirup lebih banyak, dan dapat melancarkan aliran darah di rongga hidung serta mengecilkan konka yang membengkak. Selain uap panas, penambahan aroma menthol dan eucaliptus bisa memperkuat efeknya.
4.  Menggunakan jahe. Caranya kunyah 3 potong irisan jahe setiap hari. Atau bisa juga meminum minuman air jahe panas seperti wedang jahe ,dll.
5.   Perbanyak asupan vitamin C. Makan buah yang kaya vitamin C seperti jeruk dan stroberi. Atau, anda juga bisa meminum suplemen vitamin C.
6.   Berada di tempat hangat. Beria di ruangan berpendingin justru akan memperburuk penyumbatan hidung karena bertambahnya lendir sehingga kepala akan terasa nyeri.
7.   Perbanyak minum air putih
8.   Lakukan olahraga ringan: aktivitas fisik memicu pelepasan adrenalin yang akan meredakan pembengkakan membran mukosa yang menghasilkan lendir di saluran pernafasan.
9.   Gunakan pelega tenggorokan : dengan kongestan atau pelega tenggorokan bekerja dengan cara mengatasi pembengkakan mukosa dan pembuluh darah yang menyumbat pernafasan, meski efeknya hanya sementara. Jangan digunakan lebih dari 3 hari karena jika terlalu banyak justru akan memperparah produksi lendir di hidung.

0 komentar:

Posting Komentar