Sabtu, 20 Oktober 2012

Pantai Siung Andalan Baru Wisata Jogjakarta



          Pantai Siung adalah salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Meski termasuk yang paling baru dikenal, pantai ini telah menjadi andalan wisata wilayah tersebut. Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, sekitar 70 kilometer dari Jogja. Untuk menuju pantai Siung, bisa menggunakan kendaraan pribadi dari Jogja, dengan melalui jalan Wonosari. Dari Jogja hingga ke Wonosari, ibukota Gunungkidul, dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam perjalanan. Hati- hati terhadap jalan yang menanjak dan berliku. Sampai di Wonosari, kalian tinggal mengikuti jalan ke arah Pantai Baron, hingga persimpangan yang menuju ke Pantai Siung.
            Bagimana keadaan di Pantai Siung? Berbeda dengan pantai- pantai yang telah lebih dahulu dikenal seperti Parangtritis, Pantai Siung termasuk pendek. Pantai ini terletak di cekungan yang panjangnya hanya sekitar 300-400 meter. Namun justru di sinilah letak keistimewaannya. Pantai pendek ini dikelilingi oleh karang- karang besar berwarna kehitaman, yang sebagian besar ditumbuhi tanaman dan lumut hijau. Paduan laut biru jernih dan karang kehijauan, menambah keindahan panorama tempat ini.
            Pantai Siung bukanlah pantai untuk berenang, karena menghadap langsung ke Samudra Hindia yang berarus deras. Wilayah pantai yang berkarang dan berbatu serta ombak yang besar, bisa menyulitkan kita untuk berenang. Tak heran, pemerintah stempat memasang tanda larangan berenang. Namun, tentu saja masih dapat bermain pasir dan air, di pinggir pantai. Keistimewaan lain dari pantai ini adalah masih banyaknya pepohonan di pinggir pantai. Tinggal menyewa tikar dari penduduk sekitar, lalu bersantai di bawah pohon- pohon itu.
            Selain cocok sebagai tempat menenangkan dari kesibukan sehari- hari, Pantai Siung sangat sesuai bagi yang memiliki hobi fotografi. Pantai yang pendek dan dibatasi karang- karang, justru merupakan obyek foto yang menarik. Cobalah mengikuti jalan setapak di sisi kiri pantai, untuk mencapai puncak tebing. Sekitar 10- 15 menit dibutuhkan hingga sampai ke puncak. Dari sana akan terlihat Pantai Wediombo yang berada di sisi Sebelah timur Pantai Siung. Sering juga daerah sekeliling pantai Siung digunakan sebagai tempat latihan  panjat tebing dengan memanfaatkan tebing- tebing dengan berbagai ukuran dan jalur pemenjatan yang beragam.
           

0 komentar:

Posting Komentar