Selasa, 09 Oktober 2012

PILIH JURUSAN APA...???


Bagi yang punya dana yang memungkinkan mendingan lanjutin aja nyari ilmu lagi dengan kuliah. Tidak mudah untuk nentuin jurusan dan tempat kuliah yang cocok dengan kamu.
Semoga ini bisa ngebantu kalian untuk nentuin jurusan sesuai minat.
1.    Arsitektur: ketrampilan sama selera seni gak cukup untuk dapat kuliah di jurusan ini. Kalian akan ketemu lagi sama yang namanya matematika, fisika bangunan, mekanik teknik ditambah dengan berbagai macam seni dan estetika, etc.
Jika kamu ingin jadi: Arsitek, Interior Design, Arsitek Landscape, Fotografer Bangunan, dll.
2.    Seni rupa:  Kuliah di jurusan ini butuh kreativitas. Di jurusan ini kalian akan belajar tentang Fine Art, teknik menggambar, sejarah seni, sosiologi seni, etc. Ada opsi program study: Seni Lukis, seni Patung, Seni Grafis, Seni Keramik, Ilmu- Ilmu seni Estetika yang basisnya seni kontemporer kaitannya sama teknik digital, film, teater dan video.
Jika kamu ingin jadi: Seniman, Sejarawan seni, Kritikus Seni, Kurator Galeri, Pengajar, dll.
3.   Hubungan Internsional : disini yang dipelajari emang seputar isu global dan persoalan luar negeri, makanya ketrampilan yng dibutuhin tuh emang harus bisa bahasa inggris. Kuliah di bidang ini kamu pasti ketemu sama Ekonomi, Sejarah, Hukum, Filsafat, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Ilmu Budaya, Psikologi , dll.
Jika kamu ingin jadi: Diplomat, Konsulat, Duta Besar, Petinggi di departemen bahkan bisa jadi menteri.
4.    Sastra: Imu ini mempelajari tiap bahasayang ada di film, lirik lagu, novel dan karya lainnya. Pokoknya kalau kita suka bahasa, suka nulis, kata- kata indah, suka nyari kutipan keren, kuliah kita bakal fun. Selama kita tahu opsi jurusan sastra juga banyak Seperti: Sastra Idonesia, Inggris, Belanda, Arab, Belanda, Jawa, Jepang, Korea dan banyak lagi.
Kamu bisa jadi: Teacher, Lecture, Writer, Journalist, Sastrawan, Dosen, Editor juga bisa jadi Konsulat/ diplomat.
5.    Teknik Informatika: Yang hobinya main komputer, ini adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Kita akan mempelajari ketrampilan rekayasa informatika, belajar ciptain software untuk komputer, handphone, Laptop. Hardwarenya juga kamu bisa bongkar pasang komputer dan Ponsel.
Jika kamu ingin jadi: Technical Support Engineer perusahaan telekomunikasi, Mobile Computer, Web Programmer. Kamu tahu, gak ada perusahaan yang gak perlu dukungan IT.
6.    Komunikasi:  coba kuliah di jurusan ini, di sini bakat bisa jadi karirmu. Di sini kita akan belajar tentang broadcasting (dunia perfilman), public Relation, jurnalis, dan periklanan.
Jika kamu ingin jadi: Hmm... banyak banget! Semua berhubungan dengan dunia Broadcasting, Public Relation, Jurnalistik, & Periklanan.
7.    Bussiness School: kuliah di jurusan ini kita akan diajarin jadi worker tapi thinker yang pinter jadi peluang bisnis, me- manage perusahaan bahkan memasarkannya. Intinya fokus tentang caranya membangun suatu usaha .
Jika kamu ingin menjadi: pengusaha di berbagai macam bidang. Kamu akan mendapatkan apa saja kalau kamu berani usaha.
Dengan ini juga dapat ngebantu ngurangin angka pengangguran.
8.    Kedokteran:  yang namanya fakultas kedokteran pasti terkenal dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Kamu akan mempelajari buku- buku tentang anatomi, biologi kedokteran, ilmu teknologi material kedokteran, ilmu faal a.k.a fisiologis tubuh dll. Kuliah di sini butuh biaya yang amat besar. Tapi kita tetep harus semangat. Kalau ada niatan pasti kok ada jalan..
9.    Akutansi : Jurusan ini mewajibkan kita buat bisa menghitung karena harimu nggak akan pernah jauh dari angka. Kamu akan dibekali dengan ilmu dengan pelajaran kayak akutansi dasar, akutansi pemerintahan, akutansi biaya, sistem informasi akutansi plus juga tentang akutansi pemerintahan.
Jika kamu ingin menjadi: Konsultan manajemen, konsultan pajak, Internal auditor pada perusahaan nasional dan multinasional, akuntan publik, akuntan Internasional, accounting Clerk, Account Supervisor dll.
10. Manajemen: bisnis dan manajemen adalah sebuah disiplin ilmu mempelajari tentang gimana caranya meraup keuntungan dari aktivitas yang kita jalani baik berupa penjualan barang atau jasa. Pelajarannya nggak jauh beda sama di sekolah, Cuma lebih spesifik aja misalnya: pengantar ilmu manajemen, makroekonomi, mikroekonomi, pengantar bisnis, statistik, strategi manajemen, entrepreneuership dan masih banyak lagi.
Jika kamu ingin menjadi: karir di persahaan perdagangan atau jasa dll.
11. Hukum: ilmu hukum adalah suatu ilmu yang mempelajari sistem pengaturan hubungan- hubungan dan penertiban tingkah laku manusia secara sistematis dan teratur. Disini kamu akan di ajarin ilmu tentang seputar hukum, hukum pidana, hukum perdata, tata negara, hukum Internasional, hukumacara dan ilmu masyarakat.
Jika kamu ingin menjadi: Pengacara(buat publik atau perusahaan), Jaksa, Notaris, Hakim, Politisi.
12. Psikologi: psikologi akan mempelajari lebih detail giana pola tingkah laku seseorang tentang jiwa dan mental yang sifatnya abstrak. Psikologi punya ilmu pengembangan yang dipelajari a.k.a Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Kepribadian. Psikologi Kognitif yang didalamnyamencangkup banyak hal. Kalau buat jadi profesi kamu harus ngelanjutin lagi ke program Magister Profesi Psikolog.
Jika kamu ingin menjadi: Psikolog, motivator, HRD office, guru BP/BK di sekolah.


          Peluang karirnya banyak kok Guys...!!!!

0 komentar:

Posting Komentar